Pengertian Domain dan Hosting

Ulul-24 - Pengertian Domain dan Hosting. Anda pasti sudah pernah mendengar yang namanya domain. Tapi apakah domain itu ? Nah, disini akan diungkap penjelasan tentang domain itu sendiri. Apa pengertiannya, apa contoh-contohnya, tingkatannya, dll. 

Website adalah sebuah halaman yang dibangun untuk menyampaikan informasi kepada pengguna. Informasi tersebut bisa berupa pesan, berita, cerita, video, kalimat ajakan atau yang lainnya. Untuk membuat sebuah situs/website diperlukan suatu yang namanya domain dan hosting. Dua istilah ini adalah komponen utama dalam membangun sebuah website sehingga dapat diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia melalui internet. Hosting diibaratkan sebagai lahan kosong/kavlingan yang mempunyai luas lahan terbatas sedangkan domain diibaratkan sebagai alamat lokasi lahan kosong atau kavlingan tersebut. Di atas lahan itu nantinya dapat dibangun sebuah bangunan (website) baik berupa rumah (website personal), toko (toko online), ataupun gedung bertingkat (website organisasi atau perusahaan).

Domain dan Bagian-Bagiannya
Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah pengguna untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.

Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain. Ada 2 kelompok utama dalam TLD, yakni country code top-level domains (ccTLD) dan generic top-level domains (gTLD). Country code top-level domains (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya. Sedangkan generic top-level domains (gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, .mil, .net, .gov, .edu, .asia, .info ,.org dan masih banyak lainnya. Hingga tahun 2010, terdapat lebih dari 21 gTLD dan 250 ccTLD.

Second Level Domain (SLD)
Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Agar Anda tidak menjadi bingung, saya akan memberikan contohnya, jembelisme.com . Nah, kata jembelisme ini merupakan Second Level Domain (SLD), sedangkan .com merupakan Top Level Domain (TLD).

Lower Level Domain
Lower Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD. Lower Level Domain dapat dibagi lagi menjadi Third Level Domain, Fourth Level Domain, Fifth Level Domain, dan seterusnya. Namun hal ini sangat jarang. Kebanyakan nama domain hanya sampai SLD saja.

Domain Indonesia
Indonesia memiliki nama domain tersendiri yang dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain-domain indonesia meliputi .ac.id, .web.id, .co.id, .net.id, .go.id, .sch.id, .mil.id, dan .or.id . Domain-domain tersebut mempunyai kegunaan dan karakeristik yang berbeda.
  • .AC.ID digunakan untuk website perguruan tinggi, institut dan sejenisnya
  • .WEB.ID digunakan untuk website pribadi atau komunitas
  • .CO.ID digunakan untuk website komersial, badan usaha dan sejenisnya
  • .NET.ID digunakan untuk website penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
  • .GO.ID digunakan untuk website institusi pemerintah dan sejenisnya
  • .SCH.ID digunakan untuk website sekolah
  • .MIL.ID digunakan untuk website instansi militer
  • .OR.ID digunakan untuk website organisasi
Pentingnya Nama Domain
Nama domain dapat menunjang kesuksesan dari website Anda. Pemilihan nama domain yang salah akan berakibat fatal pada situs atau website Anda, website Anda akan menjadi mati (sepi bahkan tidak ada pengunjung sama sekali). Jadi, sebaik mungkin Anda dapat memilih nama domain yang sesuai dan menggambarkan website yang Anda miliki. Nama domain tidak harus panjang, yang pasti harus unik dan mudah diingat oleh orang lain. Saat ini sudah beredar berjuta-juta website, jangan sampai domain kesayangan Anda menjadi milik orang lain.

Hosting
Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video, ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan sebagai Flash disk atau Hard disk, dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. Untuk menghubungkan domain dan hosting agar dapat bekerja optimal, kita harus mengsinkronkan nameserver yang ada pada hosting ke domain manager. Nah, contoh nameserver adalah ns1.jagoanhosting.com dan ns2.jagoanhosting.com 

Sumber : jambelisme 

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungannya !

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan